PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Dalam dunia pendidikan, komputer memiliki potensi yang besar untuk
meningkatkan kualitas pembelajara, khususnya dalam pembelajaran matematika.
Banyak hal abstrak atau imajinatif yang sulit dipikirkan siswa dapat
dipresentasikan melalui simulasi komputer. Hal ini tentu saja akan lebih
menyederhanakan jalan pikir siswa dalam memahami matematika. Dengan demikian
proses pembelajaran matematika dapat dilakukan guru dengan memberdayakan
komputer. Latihan dan percobaan-percobaan eksplorasi matematik dapat dilakukan
siswa dengan komputer. Selain itu program-program sederhana yang dapat dipelajari
siswa dapat digunakan dalam penanaman dan penguatan konsep, membuat pemodelan
matematika dan menyusun strategi dalam memecahkan masalah.
Belakangan ini sudah cukup banyak sekolah, dari SD sampai SMA, yang
memiliki komputer. Sayangnya komputer ini kebanyakan belum dimanfaatkan dalam
pembelajaran, namun baru digunakan sebagai alat bantu dalam menyelesaikan
urusan administrasi atau mengfungsikan komputer sebagai mesin tik. Padahal
banyak hal yang dapat dilakukan guru dengan komputer dalam pembelajaran matematika.
Tentu saja hal ini menuntut kriativitas guru, harus bagaimana mempresentasikan
matematika dalam kegiatan pembelajaran.
Komputer memberikan kesempatan siswa lebih luas dalam
menginvestigasi matematika daripada kalkulator. Hal ini disebabkan karena kemampuan
memori komputer yang jauh lebih besar dari kemampuan menampilkan gambar dalam
monitor yang lebih sempurna.
Dalam pembelajaran matematika, komputer banyak digunakan untuk
materi yang memerlukan gambar, animasi, visualisasi dan warna, misalnya geometri.
Clements (1989:267-268) menyatakan bahwa pembelajaran geometri dengan komputer
perlu dilakukan. Dengan komputer, siswa dapat termotivasi untuk menyelesaikan
masalah-masalah geometri. Satu hal yang paling penting adalah komputer dapat
membuat konsep matematika (khususnya geometri) yang abstrak dan sulit menjadi
lebih konkret dan jelas.
Selain untuk geometri, komputer juga dapat digunakan untuk materi
matematika yang lain. Komputer dapat digunakan dalam aljabar, misalnya untuk
menyelesaikan sistem persamaan linier; dalam kalkulus, misalnya untuk
menggambar grafik; dan dalam aritmetika, misalnya untuk melatih kemampuan
berhitung. Selain itu masih banyak lagi materi matematika yang dapat diajarkan
dengan menggunakan komputer (Abdussakir & Sudarman, 2000:5).
National Council of Supervisor menyatakan bahwa komputer lebih
baik digunakan untuk mengembangkan 10 kemampuan dasar dalam matematika, yaitu
(1) problem solving
(2) aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari
(3) peluang
(4) estimasi dan aproksimasi
(5)kemampuan berhitung
(6) geometri
(7) pengukuran
(8) membaca, menginterpretasi dan mengkonstruksi tabel, diagram dan
grafik
(9) penggunaan matematika untuk prediksi
(10) “melek” komputer.
Komputer telah memainkan peranan penting dalam pembelajaran
matematika. Berdasarkan berbagai studi tentang penggunaan komputer dalam
pembelajaran matematika ditemukan bahwa hasil belajar siswa yang belajar
matematika dengan komputer lebih baik daripada yang tidak menggunakan komputer.
Komentar
Posting Komentar